Selasa, 19 April 2016

Bagaimana EFT Bekerja Membereskan Energi Anda




 Teknik penyembuhan dengan membereskan energi tubuh dan jaringan meridian adalah prinsip yang diadopsi dari prinsip pengobatan Cina. Pengobatan Cina mengenal 300 lebih titik akupunktur di sepanjang garis meridian tubuh di mana seorang ahli akupunktur akan menusukkan sekian jumlah jarum di tempat-tempat tertentu pada tubuh pasiennya. Seorang ahli tusuk jarum yang mumpuni tentulah sudah menguasai dan hafal di luar kepala letak 300 lebih titik meridian tubuh. Dan dengan kecakapannya itu, setelah ia mendalami teknik tersebut bertahun-tahun, mungkin puluhan tahun, seorang ahli tusuk jarum bisa secara cepat memutuskan di titik-titik mana saja jarum-jarumnya harus ditusukkan sesuai dengan simptom yang diidap seseorang.  

Dengan pemahaman terhadap prinsip meridian dan aliran energi tubuh semacam itu, EFT muncul sebagai terobosan jenius di wilayah terapi energi. “Totokan di satu titik,” kata Gary Craig, “akan berpengaruh pada seluruh jaringan meridian.”  Itu sebuah penyederhaan yang berhasil. Sekarang, dengan EFT, anda tidak perlu menghafal 300 lebih titik meridian dan tidak harus mengingat titik-titik mana saja yang harus ditotok ketika anda sakit gigi, di lain waktu ketika sakit kepala, ketika masuk angin, ketika terkena radang sendi, radang paru-paru, atau murung berkepanjangan, dan sebagainya. Totoklah di sembarang titik meridian, dan itu akan berpengaruh terhadap kesembuhan anda.
Kemudian ia memilihkan 13 titik utama ditambah 1 titik gamut yang memudahkan bagi kita untuk melakukan penotokan terhadap diri sendiri. Mudah sekali bagi anda untuk menghafal 14 titik yang akan selalu anda totok untuk menangani isu apa saja. Ini tentunya jauh lebih mudah ketimbang anda harus menghafalkan 300 lebih titik meridian dan memahami asosiasinya dengan berbagai macam gangguan. 


Dengan EFT, anda bahkan bisa menangani gangguan apa saja tanpa kita tahu penjelasannya—jika anda lebih paham tentu saja akan sangat berguna. Inilah terobosan mengagumkan pada EFT. Ia berhasil menghadirkan teknik sederhana dengan efek ampuh yang bisa dikerjakan oleh siapa saja. Dan karena resep dasarnya begitu sederhana, ia membuka pintu lebar-lebar bagi anda untuk melakukan percobaan-percobaan anda sendiri. Lakukan saja dengan intuisi anda. EFT tidak menggunakan obat dan alat apa pun selain jari-jari anda. Ia tidak membawa efek samping yang perlu anda cemaskan. 
Tetapi bagaimana segala urusan bisa diselesaikan dengan menotok sejumlah titik yang itu-itu juga? 

Kuncinya di sini:
Setiap totokan menggetarkan jaringan meridian dan mempengaruhi keberesan energi tubuh. Itu satu hal. Hal lainnya, untuk membereskan kekacauan energi tubuh, cara yang paling efektif adalah kita mengembalikan lebih dulu energi tubuh kita ke keadaan kacau dan kemudian membereskannya. Untuk itulah kita perlu memfokuskan pikiran kita pada kejadian-kejadian tertentu yang membangkitkan emosi negatif, yang pada gilirannya menjadi akar masalah bagi sebuah simptom. 
Nah, ke mana pikiran kita berfokus, pada saat itulah energi tubuh kita merespons apa yang kita pikirkan. Dengan cara inilah kita mengembalikan energi tubuh kita ke keadaan kacau sebagaimana yang pernah kita alami dulu pada kejadian yang sebenarnya. Sementara energi tubuh kita merespons pikiran, kita melakukan penotokan untuk membereskan kekacauan tersebut. Efek terapetik dari prosedur ini kita dapatkan karena penotokan membuat energi tubuh kita berangsur-angsur membaik. Dan ketika terjadi keberesan dalam energi tubuh, kita akan merasakan tubuh kita lebih nyaman, kita lebih bisa objektif dan berjarak dalam memandang kejadian tersebut, dan dengan cara itulah kita membebaskan diri pengaruh buruk kejadian-kejadian negatif yang pernah kita alami. 

Dengan kata lain, kita bisa meringkaskan proses itu sebagai berikut:
  1. Bagaimana EFT bekerja mewujudkan efek terapetik
  2. Setup membantu kita mengembangkan keselarasan antara pikiran sadar dan bawah sadar.
  3. Fokus pada aspek tertentu akan mengembalikan aliran energi tubuh kita ke keadaan kacau, sehingga siap dibereskan.
  4. Penotokan pada saat kita fokus akan membereskan kekacauan energi tubuh. 
  5. Efek terapetik adalah hasil dari keberesan kembali energi tubuh, yang dengan sendirinya menyingkirkan atau menetralisasi emosi negatif yang melandasi simptom.
Jadi, anda sudah mendapatkan jawabannya, yakni bahwa pikiran kitalah yang mengarahkan respons energi tubuh. Ia mengembalikan energi tubuh ke kondisi kacau yang siap kita bereskan. Inilah yang menyebabkan kita bisa bekerja menyelesaikan setiap masalah dengan penotokan di titik yang itu-itu juga.

Sumber: Ebook EFT – By: AS. Laksana

1 komentar: