Rabu, 20 April 2016

Sejarah EFT






Adalah versi emosional dari akupuntur. Bedanya, EFT tidak mengandalkan tusukan jarum, melainkan hanya ketukan ringan dengan ujung jari. Teknik penyembuhan timur akupuktur sendiri sudah berumur lebih dari 5000 tahun. Dr. John Diamond menulis tentang hubungan “sistim energi tubuh” dengan gangguan psikologis. Dari konsep ini dilahirkan cabang baru dari ilmu psychology, yaitu Energy Psychology.
Dr. Roger Callahan, seseorang yang juga sudah lama mempelajari sistim energi tubuh menciptakan teknik terapi yang kontroversial yaitu Tought field Therapy (TFT) atau juga dikenal dengan Callahan Technique.
Pada waktu itu di tahun 1980 Dr. Callahan sedang menangani seorang bernama Mary yang mengalami sakit kepala berkepanjangan dan mimpi buruk yang menakutkan karena fobia terhadap air yang sangat parah. Hingga suatu hari, Dr. Callahan mencoba cara terakhir diluar batas ilmu psikoterapi. Dengan pengetahuan “sistim energi tubuh” yang didapat, Ia mecoba mengetuk (tapping) dengan ujung jarinya ke bagian bawah mata. Setelah pulang Mary melaporkan phobianya hilang dan Ia berani mendekati kolam air dan memercikan air ke mukanya tanpa rasa takut. Sakit kepalanya hilang demikian juga dengan mimpi buruknya. Dari situlah Dr. Callahan mengembangkan Tought field Therapy (TFT).
Murid pertama yang belajar teknik TFT pada Dr. Callahan adalah Gary Craig. Karena tekniknya dirasakan rumit, Gary Craig menyederhanakan TFT menjadi teknik yang lebih mudah dipelajari tapi tetap efektif. Teknik yang dikembangkan oleh Gary Craig inilah yang dinamakan Emotional Freedom Technique (EFT). Gary Craig memperkenalkan teknik ini ke seluruh dunia. Dan pada puncaknya Ia menawarkan untuk melakukan terapi kepada para veteran perang Vietnam di VA (Veteran Administration) yang sudah puluhan tahun menderita Post traumatic Stress Disorder (PTSD). Dalam 6 hari Gary berhasil membebaskan 20 orang veteran dari penderitaan puluhan tahun karena perang Vietnam.

APA EFT?

EFT merupakan tehnik penyembuhan emosional yang juga ternyata dapat menyembuhkan gejala-gejala penyakit fisik Hal ini berdasar pada revolusi yang berkembang dalam keyakinan psikologi konvensional. Hal ini menjelaskan bahwa “segala emosi negatif yang muncul dapat merusak energi sistem dalam tubuh”Dengan hasil yang mengejutkan (50-90% tergantung dari pengalaman), EFT menghilangkan gejala-gejala penyakit yang timbul secara rutin EFT dilakukan dengan mengetukkan dua ujung jari pada beberapa lokasi di tubuh. Ketukan-ketukan tersebut bertujuan untuk menyeimbangkan energi meridian dalam tubuh ketika terjadi gejala-gejala kemunduran fisik dan emosional yang mengganggu Memori secara aktual tetap sama, namun gejala penyakit hilang. Pada umumnya hal ini akan bertahan lama. Kesadaran biasanya merubah perilaku sehat sebagai konsekuensi dari penyembuhan.

Bagaimana Cara EFT bekerja?


EFT adalah terapi meridian energy – versi sederhana akupuntur, yang bekeja langsung pada sistem meridian di tubuh. Namun seperti halnya menggunakan jarum apada akupuntu, anda menstimulasi titik meridian utama dengan mengetuknya dengan ringan. Analoginya, bayangkan meridian seperti sungai. Permasalahan dalam emosi atau fisik sama halnya dengan menghambat jalannya sungai. EFT adalah tehnik penyembuhan tubuh dan pikiran yang mengkombinasikan efek fisik dari perawatan meridian dengan efek mental dalam memfokuskan pada sakit atau permasalahan pada waktu yang sama Ketukan pada titik meridian mengirimkan energi kinetis kepada energi sistem dan membebaskan hambatan yang menutupi aliran energi.

0 komentar:

Posting Komentar